MEMBANGUN KOMITMEN

Dalam bukunya A.M Lilik Agung yang berjudul Human Capital Competencies menyebutkan bahwa tiga hukum kuno dari manajemen mengatakan bahwa (1) setiap aktivitas haruslah terukur secara kuantitas; (2) jika dapat dikerjakan melalui orang lain, mengapa harus dikerjakan sendiri โ€“ proses korrdinasi dan delegasi; (3) efisiensi. Dari ketiga hukum tersebut yang menjadi tujuan utama dari pelaksanaannya adalah HASIL atau RESULT

Sahabat TTD, untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan komitmen kuat untuk bias menjalani proses yang terjadi. Perolehan hasil yang memuaskan merupakan perwujudan dari komitmen yang kuat. Meski banyak factor yang akan menjadi penghambat, namun dengan komitmen yang kuat dan berfokus pada hasil maka semua hambatan akan dapat ditemukan jalan keluarnya.

Jangan lupa dengan tiga hukum yang kita bahas sebelumnya pada saat menentukan target dari hasil yang ingin didapat. Target yang terukur menjadi poin penting dalam pencapaian kita, dengan mengetahui secara kuantitas apa yang menjadi target kita maka memungkinkan kita untuk menghitung berapa energy yang harus dikeluarkan untuk menggapainya berdasarkan prinsip ketiga, yaitu efisiensi.

Untuk memenuhi apa yang menjadi target kita, tak jarang kita memerlukan โ€œtangan lainโ€ untuk membantu pencapaian kita. Jangan abaikan hal tersebut, karena dengan bergandengan tangan bersama yang lain maka hasil yang kita capai lebih baik. Yang terutama adalah menjaga agar komitmen kita tetap menyala dan tidak padam ditengah jalan sebelum hasil di capai.

Komitmen merupakan sumbu dalam setiap pencapaian target kita

Agustus 2020; by Yaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *