MEMIMPIN dan MERUBAH

Memasuki 75 tahun kemerdekaan, Indonesia memerlukan pemimpin-pemimpin baru dan agen perubahan untuk membawa Indonesia menghadapi perubahan dunia yang menakjubkan. Untuk menghadapi perubahan yang menakjubkan ini diperlukan pemimpin yang bukan hanya sekedar bisa โ€œomong doangโ€ namun memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni.

Kemampuan untuk bias mengendalikan perubahan dan mengantisipasi resiko yang akan dihadapi menjadi poin penting seorang pemimpin. Mampu untuk memotivasi orang untuk maju menghadapi perubahan. Karena perubahan ini tidak dapat dihindari, dengan tren dunia saat ini perubahan bias terjadi kapan saja tanpa melihat siapa.

Seorang pemimpin yang mumpuni juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan konseling sekaligus sebagai fasilitator, dan terkadang juga berperan sebagai konsultan. Kenapa ketiga hal tersebut harus dimiliki, karena pemimpin membawa pengikutnya kearah yang lebih terang. Menunjukkan jalan yang harus dilalui saat anak buahnya kebingungan, serta menjadi sumber jawaban bagi kegalauan pengikutnya.

Pemimpin juga harus memahami system karena system adalah tulang punggung dari organisasi. Tanpa system makaroda tidak akan bias bergerak. Karenanya seorang pemimpin tidak boleh mengabaikan system yang sudah ada, namun menganalisisnya apakah masih bias digunakan atau diperlukan perubahan system untuk menyongsong perubahan dan bergerak maju.

Menjadi motor penggerak memang tidaklah mudah, diperlukan semangat dan keyakinan serta kreatifitas untuk bias menjalaninya. Namun yang tidak kalah penting adalah konsistensinya.

Agustus 2020; bu Yaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *